Tekno

Tekno Toyota Pamer EV Terbaru

Tekno Toyota Pamer EV Terbaru
Tekno Toyota Pamer EV Terbaru

JAKARTA – Perkembangan teknologi kendaraan listrik terus menunjukkan akselerasi positif. Tak ingin tertinggal, Toyota kembali tampil maksimal di panggung Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 dengan membawa sederet mobil listrik berteknologi tinggi yang mencerminkan arah masa depan otomotif ramah lingkungan.

Partisipasi Toyota di GIIAS 2025 menjadi bukti nyata komitmen perusahaan dalam mendukung transisi energi bersih di sektor transportasi. Salah satu yang menjadi perhatian utama adalah lini kendaraan listrik yang dihadirkan melalui tema “Let’s Go Beyond”, serta pendekatan Multi-Pathway Strategy yang mendukung elektrifikasi kendaraan sesuai kebutuhan konsumen Indonesia.

Menurut Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, Toyota tidak hanya berperan sebagai produsen kendaraan, tapi juga sebagai penggerak mobilitas berkelanjutan. “Toyota hadir di GIIAS 2025 sebagai bagian dari semangat mewujudkan masa depan mobilitas di Indonesia. Kami ingin mendorong masyarakat untuk beralih ke kendaraan elektrifikasi yang ramah lingkungan dan efisien,” ungkapnya.

Komitmen Jangka Panjang Toyota

Toyota telah menjalankan strategi elektrifikasi sejak 2009 di Indonesia melalui kehadiran kendaraan hybrid electric vehicle (HEV). Kini, Toyota memperluas jajaran mobil listriknya hingga mencakup Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan Battery Electric Vehicle (BEV). Langkah ini merupakan bagian dari strategi jangka panjang untuk mendukung pengurangan emisi karbon dan menyesuaikan dengan ekosistem kendaraan listrik nasional.

Dalam pameran GIIAS 2025, Toyota memamerkan kendaraan-kendaraan elektrifikasi seperti:

-All New Yaris Cross Hybrid EV

-Kijang Innova Zenix Hybrid EV

-Corolla Cross Hybrid EV

-All New Camry Hybrid EV

-bZ4X (Battery Electric Vehicle)

-Prius PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle)

Melalui model-model tersebut, Toyota ingin memberikan beragam pilihan kendaraan elektrifikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup konsumen Indonesia.

“Melalui strategi Multi-Pathway ini, Toyota ingin memberikan solusi mobilitas elektrifikasi yang menyeluruh. Tidak hanya menawarkan satu jenis teknologi, tapi menyesuaikannya dengan kesiapan pasar dan infrastruktur,” jelas Henry.

Fokus pada Edukasi dan Interaksi

Tak hanya memajang kendaraan elektrifikasi, booth Toyota di GIIAS 2025 juga dirancang untuk memperkaya pengalaman pengunjung. Salah satu zona utama, “Beyond Zero Zone”, menghadirkan informasi edukatif tentang perkembangan teknologi kendaraan listrik Toyota serta manfaatnya terhadap lingkungan.

Di area ini, pengunjung dapat mengeksplorasi keunggulan teknologi elektrifikasi melalui simulator interaktif, penjelasan komprehensif, hingga pengalaman test drive. Selain itu, pengunjung juga dapat memahami lebih jauh tentang Circular Sustainability, yaitu bagaimana Toyota berupaya menciptakan ekosistem industri otomotif yang berkelanjutan mulai dari hulu ke hilir.

“Beyond Zero Zone bukan hanya soal mobil listrik, tapi juga tentang membangun pemahaman dan kesadaran publik mengenai keberlanjutan,” ujar Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy.

Pilihan Mobil Listrik dan Test Drive

Toyota menghadirkan berbagai pilihan unit elektrifikasi untuk test drive di area GIIAS 2025, termasuk:

-bZ4X

-All New Yaris Cross Hybrid EV

-Kijang Innova Zenix Hybrid EV

-Corolla Cross Hybrid EV

Dengan pengalaman langsung mengendarai kendaraan elektrifikasi, Toyota berharap publik makin yakin terhadap keunggulan efisiensi dan kenyamanan yang ditawarkan.

“Respons pengunjung terhadap test drive kendaraan elektrifikasi cukup positif. Banyak yang terkejut dengan kenyamanan dan kehalusan akselerasi mobil listrik,” jelas Anton.

Kolaborasi dengan Masyarakat dan UMKM

Dalam pameran ini, Toyota juga memperluas perannya dalam pengembangan sosial masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Salah satunya, melalui kolaborasi dengan para pelaku UMKM binaan di bawah program Toyota Berbagi. Produk-produk lokal hasil binaan UMKM turut dihadirkan di booth Toyota untuk menunjukkan komitmen perusahaan dalam menggerakkan ekonomi berkelanjutan.

Tidak hanya itu, Toyota juga mengedepankan prinsip inklusivitas dengan menghadirkan layanan shuttle ramah disabilitas untuk pengunjung GIIAS 2025. Kendaraan HiAce telah dimodifikasi agar bisa mengakomodasi pengunjung pengguna kursi roda, yang merupakan bagian dari semangat Toyota untuk Mobility for All.

Mobilitas Masa Depan Kini Semakin Nyata

Kehadiran Toyota di GIIAS 2025 mencerminkan keseriusan perusahaan dalam memimpin transformasi mobilitas di Indonesia. Dengan membawa jajaran kendaraan elektrifikasi, menghadirkan zona edukasi, serta memperkuat inklusivitas dan keberlanjutan, Toyota memberi sinyal kuat bahwa era baru transportasi ramah lingkungan sudah semakin dekat.

“Toyota terus mengembangkan solusi mobilitas untuk masa depan, dan kami percaya bahwa kolaborasi antara pemerintah, industri, dan masyarakat sangat krusial dalam mencapai target netralitas karbon,” tutup Henry.

Dengan pendekatan menyeluruh, strategi yang realistis, dan komitmen jangka panjang, Toyota membuktikan bahwa teknologi bukan hanya alat, tetapi juga jembatan menuju mobilitas yang inklusif dan berkelanjutan di masa depan.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index