Listrik Ditingkatkan Lewat Pemeliharaan Jaringan

Selasa, 22 Juli 2025 | 07:46:39 WIB
Listrik Ditingkatkan Lewat Pemeliharaan Jaringan

JAKARTA - Upaya peningkatan keandalan listrik terus menjadi prioritas PT PLN (Persero), termasuk di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pada hari ini, Selasa, 22 Juli 2025 PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta melakukan pemeliharaan dan perbaikan jaringan di sejumlah titik. Langkah ini bertujuan menjaga kualitas pasokan listrik kepada pelanggan tetap prima.

Sebagai bagian dari proses tersebut, pasokan listrik akan dihentikan sementara di beberapa daerah. Meski bersifat sementara, pemadaman ini merupakan bagian dari komitmen PLN dalam memastikan layanan kelistrikan yang aman, stabil, dan lebih andal ke depannya.

PLN menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamanan yang mungkin terjadi selama pekerjaan berlangsung. Pihaknya berharap masyarakat dapat memahami pentingnya pemeliharaan jaringan sebagai bagian dari investasi berkelanjutan dalam menjaga kualitas listrik yang diterima pelanggan.

Berikut adalah jadwal lengkap pemeliharaan listrik yang dijadwalkan hari ini di wilayah DIY:

Unit Layanan Pelanggan WATES

Waktu: 10.00 hingga 13.00 WIB

Kegiatan: Pemeliharaan jaringan

Lokasi: Gembongan, Jimatan, Jatirejo, Bangeran, Lendah, Barahan, Srikayangan, Tirtorahayu, Cangakan, Potrowangsan, Punthuk, Wahyuharjo, Bumirejo, dan sekitarnya.

Di area ini, pemeliharaan dilakukan secara menyeluruh untuk memastikan tidak ada potensi gangguan teknis yang bisa membahayakan keselamatan warga maupun kelangsungan aktivitas masyarakat. Peningkatan ini juga akan mendukung efisiensi sistem distribusi listrik yang lebih luas.

Unit Layanan Pelanggan WONOSARI

Waktu: 10.00 hingga 13.00 WIB

Kegiatan: Pemeliharaan serta pemotongan pohon dekat jaringan (ROW)

Lokasi: Dn. Sumuran Kemadang, Dn. Rejosari Kemadang, Dn. Ngepung Kemadang, Dn. Baron Kemadang, Pantai Kukup, Pantai Krakal, Pantai Slili, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Dn. Gatak Ngestirejo, dan Pantai Indrayanti.

Kegiatan ini dilakukan untuk mencegah potensi gangguan dari ranting dan pepohonan yang mendekati jaringan listrik. PLN menekankan pentingnya menjaga jarak aman antara tanaman dan jaringan guna menghindari risiko korsleting atau kerusakan kabel. Lokasi-lokasi wisata pantai yang masuk dalam area ini juga menjadi perhatian penting PLN, mengingat peran listrik dalam mendukung aktivitas ekonomi pariwisata.

Unit Layanan Pelanggan BANTUL

Waktu: 10.00 hinggga 13.00 WIB

Kegiatan: Pemeliharaan jaringan (PBPD)

Lokasi: Druwo Bangunharjo, Telkom Panggungharjo Sewon, Krapyak Kulon, Tegal Krapyak, Janganan Panggungharjo, BTS Sorowajan, Pondok Pesantren Krapyak.

PLN UP3 Yogyakarta menekankan bahwa pemeliharaan di wilayah ini ditujukan untuk meningkatkan ketahanan pasokan listrik ke pusat-pusat pendidikan dan komunikasi. Termasuk dalam area pekerjaan adalah fasilitas penting seperti pondok pesantren dan menara komunikasi yang menjadi penghubung vital layanan digital masyarakat.

Unit Layanan Pelanggan SLEMAN

-Waktu: 09.00 hingga 12.00 WIB

-Kegiatan: Pemeliharaan dan pemotongan pohon dekat jaringan (ROW)

-Lokasi: Jl. Raya Caturharjo, PT PRIMISIMA, PT Sindhu Agung Sejahtera, San's Broiler, SPPBE, PT Pri Adhi Husada, SPBU Medari, Kemloko, dan sekitarnya.

Daerah Sleman termasuk kawasan industri dan layanan publik yang padat aktivitas. Pemeliharaan ini merupakan upaya untuk memastikan instalasi listrik tidak terganggu oleh elemen luar, khususnya pepohonan, serta menjaga operasional industri dan fasilitas publik tetap optimal.

Dampak Positif dan Komitmen Layanan

Langkah yang diambil PLN ini menunjukkan komitmen serius dalam menjaga keandalan listrik di seluruh wilayah. Pemeliharaan secara rutin dinilai sebagai pendekatan preventif yang efektif untuk menghindari gangguan mendadak atau potensi bahaya akibat kerusakan jaringan.

Keandalan listrik yang terus ditingkatkan akan memberikan dampak positif bagi masyarakat, mulai dari kenyamanan rumah tangga, kelancaran operasional usaha kecil hingga keandalan sistem transportasi digital dan komunikasi. Terlebih, dengan semakin meningkatnya penggunaan perangkat listrik dan digital dalam kehidupan sehari-hari, ketersediaan listrik yang stabil menjadi kebutuhan pokok.

Dalam beberapa tahun terakhir, PLN juga gencar mengedepankan sistem digitalisasi untuk memantau dan menangani gangguan secara cepat. Di samping itu, keterlibatan masyarakat dalam menjaga jaringan listrik turut dibutuhkan, terutama terkait kebersihan jaringan dari pohon-pohon atau instalasi tidak resmi.

PLN mengimbau warga untuk selalu menjaga jarak aman terhadap jaringan listrik dan tidak melakukan aktivitas berbahaya di sekitarnya. Warga juga dapat melaporkan potensi gangguan jaringan melalui aplikasi PLN Mobile yang telah tersedia.

Listrik Aman, Nyaman, dan Terjaga

Dengan pemeliharaan yang terjadwal ini, masyarakat diharapkan dapat menyesuaikan aktivitasnya agar tetap berjalan lancar. Meski berlangsung beberapa jam, kegiatan ini merupakan bagian dari rencana besar PLN dalam membangun sistem kelistrikan yang lebih andal dan berkelanjutan.

Dukungan dari masyarakat menjadi bagian penting dalam kelancaran proses pemeliharaan ini. PLN pun berkomitmen untuk terus memberikan informasi terkini mengenai jadwal dan area terdampak, sehingga pelanggan dapat mempersiapkan diri dan tetap nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Dengan sistem yang terus diperkuat, listrik akan hadir secara lebih andal untuk mendukung aktivitas ekonomi, pendidikan, sosial, hingga pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Terkini

12 Contoh Bisnis Jasa yang Menghasilkan Keuntungan Tinggi

Jumat, 05 September 2025 | 21:07:24 WIB

Daftar Terbaik Mobil 2 Pintu Paling Direkomendasikan

Jumat, 05 September 2025 | 20:59:45 WIB

Inilah Besaran Gaji Pensiunan PNS 2025, Adakah Kenaikan?

Kamis, 04 September 2025 | 13:05:36 WIB

Begini Cara Mengatasi Hiperinflasi & Faktor Penyebabnya

Kamis, 04 September 2025 | 14:49:36 WIB

Refinancing Adalah: Definisi, Manfaat, dan Tips Melakukannya

Kamis, 04 September 2025 | 11:52:54 WIB